みんなの日本語 Extra : Evaluasi B
Yahalo!
Kembali lagi bersama saya Eragon di blog Coretan Eragon ya. Sebelumnya saya telah membuat pembahasan mengenai materi Extra yang ada di buku みんなの日本語 yaitu Evaluasi A. Kali ini saya akan membahas mengenai Evaluasi selanjutnya yaitu Evaluasi B
Materi Evaluasi B ini mengacu pada materi-materi yang ada di buku みんなの日本語 Bab 4 sampai Bab 7. Hampir sama dengan Evaluasi A namun dengan beberapa materi yang ada di Bab 4 sampai Bab 7. Penasaran? Cek penjelasannya dibawah ini ya
復習B
Pembahasan
Evaluasi B
1. | 例: |
|
Pada nomor 1 ini kita diminta untuk mengisi dalam kurung dengan Partikel yang tepat agar menghasilkan kalimat yang pantas
Misalnya untuk contoh diatas. Terdapat Subyek yaitu 「わたし」 (watashi) dan Predikat berupa 「ジョゼ・サントス」 (Joze Santosu). Nah, agar menjadi kalimat yang utuh, maka perlu diberi Partikel は (wa)
Dengan demikian, jadilah kalimat utuh yang menjelaskan bahwa Subyek 「わたし」 (watashi) memiliki Predikat berupa 「ジョゼ・サントス」 (Joze Santosu)
1) |
|
Di kalimat pertama menjelaskan tentang asal dari Subyek 「わたし」 (watashi). Yang ingin disampaikan disini adalah, sang Subyek ingin menjelaskan bahwa dirinya datang dari Brazil
Nah, untuk menjelaskan asal, maka Partikel yang paling cocok adalah Partikel から (kara)
Selanjutnya di kalimat kedua, terdapat 2 Kata Benda, yang mana Kata Benda 2 seharusnya menjelaskan tentang Kata Benda 1. Dalam hal ini, yang diinginkan adalah menjelaskan tentang keanggotaan
Oleh karena itu, maka yang paling tepat untuk mengisi tanda kurungnya adalah Partikel の (no)
Dengan demikian, maka kalimat lengkapnya akan menjadi seperti berikut :
わたしは ブラジル (から) 来ました。 ブラジルエアー (の) 社員です。 |
|
(Watashi wa Burajiru (kara) kimashita) (Burajiru Eaa (no) shain desu) |
|
⇒ |
Saya datang dari Brazil (Saya) karyawan Brazil Air |
2) |
|
Melihat kalimat pertama, ada 2 Partikel yang diperlukan untuk melengkapinya. Partikel kedua jelas を (o). Mengapa? Karena Kata Kerja 飲みます (nomimasu) adalah Kata Kerja Transitif, yakni memerlukan Obyek. Penanda Obyek adalah Partikel を (o)
Untuk Partikel yang satunya, jika kita menilik secara seksama, kalimat pertama tersebut menyampaikan bahwa sang Subyek (walaupun tidak tersurat) ingin menyampaikan bahwa dirinya minum bersama temannya
Nah, Partikel yang tepat untuk menjelaskan kebersamaan dengan orang lain dalam mengerjakan suatu Kata Kerja adalah Partikel と (to)
Yang terakhir, pada kalimat kedua terdapat 2 elemen yaitu Waktu dan Kata Kerja. Waktu disini memerlukan Partikel に (ni) agar bisa berperan sebagai penunjuk Waktu dari Kata Kerja
Dengan demikian, kalimat lengkap dari soal diatas adalah sebagai berikut :
きのう 友達 (と) お酒
(を)飲みました。 12時 (に) 寝ました。 |
|
(Kinou tomodachi (to) o-sake o nomimashita) (Juu ni-ji (ni) nemashita) |
|
⇒ |
Kemarin (saya) minum sake (bersama) teman (Saya) tidur (pada) jam 12 |
3) |
|
Yang perlu diperhatikan di kalimat pertama adalah mengenai Kata Tanya 「何」 (nani) dan Kata Kerja bentuk Negatif 「食べません」 (tabemasen) berbentuk Lampau
Kata Kerja 「食べます」 (tabemasu) adalah Kata Kerja Transitif, yakni Kata Kerja yang memerlukan Obyek. Namun, menilik kalimat tersebut, Obyeknya malah berupa Kata Tanya. Tentunya Partikel yang digunakan bukan lagi Partikel を (o) karena akan menjadi aneh
Lalu jawaban yang benar apa? Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya, ada Pola Kalimat yang memiliki makna "tidak Kata Kerja apapun/sama sekali". Ya, Pola Kalimat tersebut berbentuk 「何も〈動詞・ません形〉 (nani mo Kata Kerja bentuk Negatif」
Ya, tepat sekali. Partikel yang tepat untuk kalimat pertama adalah Partikel も (mo). Dengan demikian didapatlah kalimat bahwa Subyek tidak makan apa-apa
Pada kalimat kedua, terdapat 2 kata yang perlu diperhatikan. Kata Benda 「電車」 (densha) yakni 「kereta listrik」, dan Kata Kerja「行きます」 (ikimasu) bentuk Lampau yang artinya 「pergi」
「電車」 (densha) adalah sebuah alat transportasi. Dan untuk menjelaskan tentang penggunaan alat, maka Partikel yang tepat adalah Partikel で (de)
Kata Kerja 「行きます」 (ikimasu) adalah Kata Kerja yang memiliki sifat perpindahan. Untuk menunjukkan tempat perpindahannya, bisa menggunakan Partikel に (ni) atau Partikel へ (e)
Namun, untuk menunjukkan arah dan tempat tujuan, Partikel へ (e) adalah Partikel yang paling tepat dibandingkan dengan Partikel に (ni)
Demikian adalah kalimat yang lengkap dari pertanyaan diatas :
けさ 何 (も) 食べませんでした。 電車 (で) 会社 (へ) 行きました。 |
|
(Kesa nani (mo) tabemasen deshita) (Densha (de) kaisha (e) ikimashita) |
|
⇒ |
Tadi pagi (saya) tidak makan apa-apa (Saya) pergi (ke) perusahaan (dengan) kereta listrik |
4) |
|
Di kalimat pertama, terdapat 2 kata yang menunjukkan Waktu. Dari kalimatnya, yang ingin disampaikan adalah mengenai titik awal dan titik akhir dari sesuatu yaitu istirahat siangnya perusahaan
Dengan demikian, Partikel yang paling cocok adalah Partikel から (kara) dan Partikel まで (made)
Kalimat kedua cukup simpel. Ada Tempat dan Kata Kerja Transitif, yang menunjukkan bahwa Kata Kerja tersebut dikerjakan di Tempat tersebut
Secara otomatis menggunakan Partikel で (de) sebagai penanda Tempat dilaksanakannya Kata Kerja,, dan Partikel を (o) sebagai penanda Obyek Kata Kerja Transitif
Adapun Obyeknya terdiri dari 2 Kata Benda yakni 「肉」 (niku) dan 「野菜」 (yasai). Keduanya bisa digabungkan dengan Partikel と (to) yang digunakan untuk menunjuk 2 hal bersamaan
Dengan begitu, kalimat lengkapnya akan menjadi seperti demikian :
会社の 昼休みは 12時 (から) 1時
(まで)です。 食堂 (で) 肉 (と) 野菜 (を) 食べました。 |
|
(Kaisha no hiru-yasumi wa juu ni-ji (kara) ichi-ji (made) desu) (Shokudou (de) niku (to) yasai (o) tabemashita) |
|
⇒ |
Istirahat siang perusahaan (dari) jam 12 (sampai) jam 1 (Saya) makan daging (dan) sayuran (di) kantin |
5) |
|
Di kalimat pertama, yang perlu diperhatikan adalah kata 「メール」 (meeru). 「メール」 (meeru) bisa diartikan sebagai 「pesan」 namun juga bisa diartikan sebagai 「email」
Jika diperhatikan dengan seksama, yang dimaksud 「メール」 (meeru) diatas bukanlah sebagai 「pesan」 namun lebih ke 「email」 sebagai alat pengiriman pesan
Oleh karena itu, sebagai penunjuk alat, maka Partikel yang dipakai adalah Partikel で (de)
Di kalimat kedua, yang perlu diperhatikan adalah kata 「電話」 (denwa) dan 「かけます」 (kakemasu). Keduanya memerlukan Partikel を (o) agar menjadi 1 Kata Kerja yaitu 「menelepon」
Nah, karena Kata Kerja 「menelepon」 memerlukan target yakni orang yang ditelepon, maka Partikel に (ni) yang dipakai untuk melengkapinya. Partikel に (ni) sendiri bisa berperan sebagai penunjuk Penerima, yang dalam hal ini penerima telepon dari Subyek
Jadi, kalimat utuh dari soal nomor 5 ini adalah sebagai berikut :
午後 メール (で) レポートを
送りました。 松本さん (に) 電話 (を) かけました。 |
|
(Gogo meeru (de) repooto (o) okurimashita) (Matsumoto-san (ni) denwa (o) kakemashita) |
|
⇒ |
(Tadi) siang (saya) mengirim laporan (dengan) email (Saya) menelepon Matsumoto |
6) |
|
Pada kalimat pertama, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dengan seksama. Yang pertama adalah 「学校」 (gakkou), 「日本人の先生」 (Nihon-jin no sensei), dan 「習います」 (naraimasu) bentuk Lampau
「学校」 (gakkou) pada kalimat diatas merujuk pada tempat dimana Kata Kerja dikerjakan. Oleh karena itu, sebagai penunjuknya Partikel yang digunakan adalah Partikel で (de)
Kata Kerja 「習います」 (naraimasu) bentuk Lampau diatas merupakan Kata Kerja Transitif, dan memiliki sifat "menerima". Karena Kata Kerja Transitif, maka perlu Obyek, yaitu 「日本語」. Dan sebagai penunjuknya adalah Partikel を (o)
Selain itu, karena sifatnya yang berupa "menerima" maka perlu Partikel に (ni) yang berperan sebagai penunjuk Pemberi. Dalam hal ini Pemberinya adalah frase 「日本人の先生」 (Nihon-jin no sensei)
Selanjutnya di kalimat kedua, yang ingin disampaikan adalah untuk menyatakan suatu kata dalam bahasa yang lain. Partikel yang digunakan untuk menyatakan hal seperti ini adalah Partikel で (de)
Dengan begitu, kalimat yang lengkap dari pertanyaan diatas adalah sebagai berikut :
夜 学校 (で)
日本人の先生 (に)
日本語 (を)
習いました。 “Boa noite”は 日本語 (で) 「こんばんは」です。 |
|
(Yoru gakkou (de) Nihon-jin no sensei (ni) Nihon-go (o)
naraimashita) ("Boa noite wa Nihon-go (de) "konbanwa" desu) |
|
⇒ |
Malam hari (saya) diajari Bahasa Jepang (oleh) guru orang Jepang (di)
sekolah "Boa noite" (dalam) Bahasa Jepang adalah "konbanwa" |
2. |
|
Berdasarkan balasannya, yang ditanyakan adalah mengenai jam berapa Lawan Bicaranya pulang. Kata Tanya yang tepat untuk menanyakan jam adalah [何時] (nan-ji)
Di nomor 2 ini kita diminta untuk melengkapi kalimat dengan Kata Tanya yang tepat agar sesuai dengan balasannya
1) |
|
Di soal nomor 1 ini, yang perlu diperhatikan dari 4 kalimat diatas adalah kalimat nomor 2 dan nomor 3. Di kalimat nomor 3 dijelaskan mengenai Tempat yang akan dituju, yang ditandai dengan Partikel へ (e)
Nah, Kata Tanya yang pas untuk menanyakan Tempat adalah どこ (doko). Dengan demikian, kalimat lengkapnya akan menjadi seperti ini :
......ええ。[どこ] へ 行きますか。 「あすか」へ 行きましょう。 |
|
(......Ee. [Doko] e ikimasu ka?) ("Asuka" e ikimashou) |
|
⇒ |
......Oke. [Kemana] kita pergi? Ayo pergi ke "Asuka" |
2) |
|
Di kalimat pertama, yang diinginkan adalah menanyakan tentang nomor telepon dari "Asuka", yang mana kemudian dijawab dengan nomor telepon
Nah, untuk menanyakan nomor telepon, Kata Tanya yang pas adalah 「何番」 (nan-ban), yang artinya 「berapa nomornya」
Dengan begitu, kalimat utuhnya akan menjadi seperti berikut :
「あすか」の 電話番号は [何番] ですか。 ......5275の 2726です。 |
|
("Asuka" no denwa ban'gou wa [nan-ban] desu ka?) (......Go ni nana go no ni nana ni roku desu) |
|
⇒ |
Nomor telepon "Asuka" [berapa] ? ...... 2726 5275 |
|
Berdasarkan balasannya, yang ingin ditanyakan adalah mengenai kapan hari liburnya sang Lawan Bicara. Kata Tanya "kapan" dalam Bahasa Jepang adalah 「いつ」 (itsu)
Namun demikian, Kata Tanya 「いつ」 (itsu) tidak memerinci lebih jauh jawabannya. Bisa jadi balasannya berupa Keterangan Waktu seperti 午後ごご (go-go), 明日あした (ashita), dan lain sebagainya
Nah, ada Kata Tanya yang lebih tepat dalam hal ini, yaitu Kata Tanya untuk menanyakan hari. Apakah itu? Ya, 「何曜日」 (nan-youbi)
Dengan demikian, kalimat lengkapnya akan menjadi seperti ini :
休みは [何曜日] ですか。 ......日曜日です。 |
|
(Yasumi wa (nan-youbi) desu ka?) (......Nichi-youbi desu) |
|
⇒ |
Libur(mu) [hari apa] ? ......Hari Minggu |
|
Berdasarkan dari balasan sang Lawan Bicaranya, yang ingin ditanyakan oleh sang Pembicara adalah mengenai dari jam berapa sampai jam berapa istirahatnya (cek kembali kalimat percakapan sebelumnya). Hal ini tersurat dari Partikel から (kara) dan まで (made)
Kata Tanya yang digunakan untuk menanyakan jam adalah 「何時」 (nan-ji). Jadi, kalimat utuhnya akan menjadi seperti berikut :
[何時]から [何時]までですか。 ......昼 11時から 夜10時までです。 |
|
([Nan-ji] kara [nan-ji] made desu ka?) (......Hiru juu ichi-ji kara yoru juu-ji made desu) |
|
⇒ |
(Istirahatnya) dari [jam berapa] sampai [jam berapa] ? ......Dari jam 11 siang sampai jam 10 malam |
3) |
|
Menilik jawaban dari Lawan Bicaranya, terlihat bahwa sang Pembicara menanyakan mengenai tanggal dan bulan ulang tahun sang Lawan Bicara. Kata Tanya untuk menanyakan tanggal adalah 「何日」 (nan-nichi), sedangkan untuk bulan adalah 「何月」 (nan-gatsu)
Berdasarkan dari jawabannya yaitu 「2月11日」 (ni-gatsu juu ichi-nichi), bisa dipastikan bahwa yang ditanyakan adalah bulannya terlebih dahulu baru tanggalnya
Dengan begitu, kalimat lengkap dari soal diatas adalah :
イーさん、誕生日は [何月][何日]ですか。 ......2月11日です。 |
|
(Ii-san, tanjoubi wa [nan-gatsu] [nan-nichi] desu ka?) (......Ni-gatsu juu ichi-nichi desu) |
|
⇒ |
Ii, ulang tahun (kamu) [bulan apa] [tanggal berapa] ? ......11 Februari |
|
Dari 4 kalimat diatas, yang perlu diperhatikan hanyalah kalimat nomor 3 dan 4. Kalimat nomor 4 berperan sebagai jawabannya, dan kalimat nomor 3 sebagai pertanyaannya
Jika dilihat dari jawabannya, sang Lawan Bicara mengungkapkan mengenai siapa orang yang telah memberinya hadiah. Nah, Kata Tanya untuk menanyakan siapa adalah 「だれ」 (dare)
Jadi, kalimat lengkapnya akan menjadi seperti berikut :
[だれ]に もらいましたか。 ......彼に もらいました。 |
|
([Dare] ni moraimashita ka?) (......Kare ni moraimashita) |
|
⇒ |
(Kamu) menerima (hadiah) dari [siapa] ? ......(Saya) menerima (hadiah) dari dia (laki-laki) |
|
Menilik jawaban dari sang Lawan Bicara, sang Lawan Bicara mengungkapkan suatu benda untuk menjawab pertanyaan dari Pembicaranya. Tentu saja, bisa dipastikan bahwa Pembicara bertanya mengenai apa yang Lawan Bicara terima
Nah, Kata Tanya yang mewakili "apa" dalam Bahasa Jepang adalah 「何」 (nani). Dengan begitu, kalimat lengkap dari soal diatas adalah seperti berikut :
[何]を もらいましたか。 ......花を もらいました。 |
|
([Nani] o moraimashita ka?) (......Hana o moraimashita) |
|
⇒ |
(Kamu) menerima [apa] ? ......(Saya) menerima bunga |
4) |
|
Yang ditanyakan oleh Pembicara di pertanyaan kali ini adalah mengenai kapan Lawan Bicara datang ke Jepang. Kata Tanya mengenai tahun adalah 「何年」 (nan-nen)
Eits, tapi hati-hati. 「去年」 (kyo-nen) bukan termasuk Waktu, namun Keterangan Waktu. Kata Tanya yang tepat untuk menanyakan Keterangan Waktu adalah 「いつ」 (itsu)
Jadi, kalimat lengkapnya akan menjadi seperti ini :
カリナさん、[いつ] 日本へ 来ましたか。 ......去年 来>ました。 |
|
(Karina-san, [itsu] Nihon e kimashita ka?) (......Kyo-nen kimashita) |
|
⇒ |
Karina, [kapan] (kamu) datang ke Jepang? ......(Saya) datang tahun lalu |
|
Berdasarkan kalimat diatas, bisa dipahami bahwa yang ingin diungkapkan oleh sang Pembicara adalah mengenai apa Bahasa Indonesia dari kata 「ありがとう」 (arigatou)
Karena yang ditanyakan adalah "apa" maka Kata Tanya yang pas adalah 「何」 (nani). Namun, Kata Tanya 「何」 (nani) tidak bisa bertemu dengan 「ですか」 (desu ka?). Oleh karena itu, Kata Tanyanya berubah menjadi 「何」 (nan)
Dengan demikian, kalimat diatas menjadi seperti berikut :
「ありがとう」は インドネシア語で [何]ですか。 ......“Terima kasih”です。 |
|
("Arigatou" wa Indoneshia-go de [nan] desu ka?) (......"Terima kasih" desu) |
|
⇒ |
Apa Bahasa Indonesianya "arigatou" ? ......"Terima kasih" |
5) |
|
Jika memperhatikan pertanyaan dari sang Pembicara, juga dari jawaban si Lawan Bicara, dapat dipastikan bahwa si Pembicara menanyakan tentang apa yang dilakukan oleh Lawan Bicara di hari Minggu besok
Kenapa Minggu besok? Karena berdasarkan dari Kata Kerjanya yang bersifat ~ます (-masu). Kata Kerja ini memiliki sifat "akan" sehingga tidak mungkin telah terjadi
Nah, untuk menanyakan apa yang dikerjakan, maka Kata Tanya yang cocok adalah 「何」 (nani). Dengan demikian, maka kalimatnya akan menjadi seperti ini :
イーさん、日曜日 [何]を しますか。 ......映画を 見ます。 |
|
(Ii-san, nichi-youbi [nani] o shimasu ka?) (......Eiga o mimasu) |
|
⇒ |
Ii, hari Minggu (kamu) melakukan [apa] ? ......(Saya) menonton film |
|
Di kalimat ucapan Lawan Bicara, terdapat 1 kata kunci yaitu Tempat. Ya, 「神戸」 (Koube) adalah salah satu prefektur di Jepang. Kata Tanya yang berkaitan dengan Tempat adalah 「どこ」 (doko)
Jadi, kalimatnya akan menjadi seperti ini :
[どこ]で 見ますか。 ......神戸で 見ます。 |
|
([Doko] de mimasu ka?) (......Koube de mimasu) |
|
⇒ |
(Kamu) menonton [dimana] ? ......(Saya) menonton di Kobe |
|
Kalimat yang diutarakan oleh Pembicara disini mengandung maksud untuk menanyakan dengan siapa Lawan Bicaranya pergi ke Kobe. Hal ini ditandai dengan jawaban dari Lawan Bicaranya yang menunjuk orang yaitu 「友達」 (tomodachi) yang artinya 「teman」
Nah, Kata Tanya untuk menanyakan orang dalam Bahasa Jepang adalah 「だれ」 (dare). Jadi, kalimat utuhnya adalah sebagai berikut :
[だれ]と 神戸へ 行きますか。 ......友達と 行きます。 |
|
([Dare] to Koube e ikimasu ka?) (......Tomodachi to ikimasu) |
|
⇒ |
Dengan [siapa] (kamu) pergi ke Kobe? ......(Saya) pergi ke Kobe dengan teman |
|
Partikel で (de) yang diucapkan oleh Pembicara memiliki maksud sebagai penunjuk alat/kendaraan yang digunakan untuk pergi. Lalu, apa Kata Tanya yang tepat?
Ya, karena pertanyaannya adalah "apa" maka menggunakan 「何」 (nani). Namun, ketika bertemu dengan Partikel で (de), Kata Tanya ini berubah menjadi 「何」 (nan)
Dengan demikian, kalimat yang utuh untuk pertanyaan ini adalah :
[何]で 行きますか。 ......地下鉄で 行きます。 |
|
([Nan] de ikimasu ka?) (......Chikatetsu de ikimasu) |
|
⇒ |
(Kamu) pergi dengan [apa] ? ......(Saya) pergi dengan kereta bawah tanah |
6) |
|
Berdasarkan balasan dari Lawan Bicaranya, terlihat bahwa sang Pembicara menanyakan tentang jam kepadanya. Nah, Kata Tanya untuk menanyakan jam adalah 「何時」 (nan-ji)
Jadi, kalimat lengkapnya akan menjadi seperti berikut ini :
今 [何時]ですか。 ......8時50分です。 |
|
(Ima [nan-ji] desu ka?) (......Hachi-ji go jup-pun desu) |
|
⇒ |
Sekarang [jam berapa] ? ......Jam 8.50 |
3. |
|
Yang diinginkan di soal nomor 3 ini adalah membuat pernyataan yang sesuai dengan gambar yang terdapat di bawah ini
1) |
|
||||||
Coba perhatikan nomor 1. Disitu terdapat beberapa petunjuk, antara
lain jam dan kegiatan yang dilakukan oleh Miller. Ya, Miller sedang
makan sarapan pagi Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah :
|
2) |
|
||||||
Perhatikan gambar diatas. Nomor 2 memiliki 2 petunjuk mengenai
istirahat siang. Ya, yaitu waktu mulai dan waktu berakhirnya. Dengan
demikian, jawaban paling tepat untuk nomor 2 ini adalah :
|
|||||||
3) |
|
||||||
Jika kita cermati lagi gambar diatas, jam 5 merupakan titik
berakhirnya pekerjaan Miller. Berarti Miller bekerja di perusahaan
sampai jam 5 saja Jadi, jawaban yang pantas untuk pertanyaan ini adalah :
|
|||||||
4) |
|
||||||
Jika diperhatikan, pada gambar diatas nomor 4 menunjuk pada 2 hal. Ya,
jam 6 dan Miller yang sedang pulang ke rumah Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah :
|
|||||||
5) |
|
||||||
Coba perhatikan kembali gambar diatas. Nomor 5 menunjuk pada gambar
Miller yang sedang belajar. Terlebih, nomor 5 menunjuk pada 2 titik
waktu yaitu jam 8 dan jam 10 Berdasarkan 3 petunjuk tersebut, maka jawabannya menjadi jelas, yaitu "Miller belajar dari jam 8 sampai jam 10". Dalam Bahasa Jepangnya akan menjadi seperti berikut :
|
4. | 例: |
|
Di nomor 4 ini kita dimintai untuk melengkapi kalimat tersebut dengan kata yang tepat. Kata yang dimaksud bisa berupa です (desu), ataupun bentuk Kata Kerja yang telah kita pelajari bersama
1) |
|
Berdasarkan kalimat diatas, sang Pembicara ingin menanyakan kepada Lawan Bicara apakah dia membaca koran setiap hari atau tidak
Untuk mengkonfirmasi, Kata Kerja yang digunakan adalah Kata Kerja bentuk ~ます (-masu) yang dibubuhi dengan か (ka), sehingga menjadi 読みますか (yomimasu ka?)
Sedangkan untuk jawaban Lawan Bicara, karena dia telah menjawab dengan いいえ (iie), maka otomatis balasan berikutnya berupa sangkalan. Ya, karena sangkalan maka Kata Kerjanya akan menjadi bentuk ~ません (-masen), menjadi 読みません (yomimasen)
Demikian adalah jawaban lengkapnya :
毎日 新聞を 読みますか。 ......いいえ、読みません。 | |
(Mai-nichi shinbun o yomimasu ka? ......Iie, yomimasen) | |
⇒ | Apakah setiap hari (kamu) membaca koran? ......Tidak, (saya) tidak membaca (koran setiap hari) |
2) |
|
Masih sama dengan nomor 1 diatas, untuk mengkonfirmasikan suatu kegiatan, maka yang digunakan untuk bertanya adalah Kata Kerja bentuk ~ます (-masu) dan dibubuhi dengan か (ka)
Selain itu, jawaban berupa いいえ (iie) berarti sangkalan. Maka Kata Kerja selanjutnya harus berbentuk Negatif yakni ~ません (-masen)
Dengan demikian, jawabannya akan menjadi seperti berikut :
あした 病院へ 行きますか。 ......いいえ、行きません。 | |
(Ashita byouin e ikimasu ka? ......Iie, ikimasen) | |
⇒ | Apakah besok (kamu) pegi ke rumah sakit? ......Tidak, (saya) tidak pergi (ke rumah sakit) |
3) |
|
Kata kunci dalam pertanyaan ini adalah Keterangan Waktu きのう (kinou). きのう (kinou) merujuk pada waktu yang telah Lampau, sehingga Kata Kerja yang digunakanpun juga harus bentuk Lampau
Sama seperti 2 soal diatas, untuk mengkonfirmasi suatu Kata Kerja, maka menggunakan Kata Kerja bentuk ~ます (-masu). Namun karena waktunya Lampau maka menjadi ~ました (-mashita)
Berdasarkan jawabannya, はい (hai) menandakan jawaban yang Positif. Disertai dengan bentuk Lampau maka akan menjadi 見ました (mimashita)
Dengan demikian, jawabannya adalah :
きのう テレビを 見ましたか。 ......はい、見ました。 | |
(Kinou terebi o mimashita ka? ......Hai, mimashita) | |
⇒ | Apakah kemarin (kamu) menonton televisi? ......Ya, (saya) menonton (televisi kemarin) |
4) |
|
Sama dengan soal nomor 3, Keterangan Waktu おととい (ototoi) menunjukkan bentuk Lampau dalam Kata Kerjanya. Dengan demikian, ucapan sang Pembicara menjadi 行いきましたか (ikimashita ka?)
Untuk jawabannya, terlihat bahwa Lawan Bicara menjawabnya bahwa dia tidak pergi kemanapun. Hal ini ditandai dengan adanya どこも (doko mo) yang berarti 「kemanapun」 ketika bertemu dengan Kata Kerja bentuk Negatif
Berdasarkan penjelasan diatas, maka jawaban lengkapnya menjadi seperti dibawah ini :
おととい どこへ 行きましたか。 ......どこも 行きませんでした。 | |
(Ototoi doko e ikimashita ka? ......Doko mo ikimasen deshita) | |
⇒ | Kemarin (kamu) pergi kemana? ......(Saya) tidak pergi kemanapun |
5) |
|
Kata kunci dalam soal ini ada 2, yaitu もう (mou) dan まだ (mada). もう (mou) memiliki makna 「sudah」 ketika diikuti dengan Kata Kerja bentuk Lampau
Sedangkan まだ (mada) adalah bentuk sangkalannya yang berarti 「belum」. Nah, karena まだ (mada) menunjukkan belum, maka tidak menggunakan bentuk Lampau. Terlebih まだ (mada) bukanlah Kata Kerja, maka untuk melengkapinya cukup dengan です (desu)
Jadi, jawabannya adalah seperti berikut :
もう 昼ごはんを 食べましたか。 ......いいえ、まだです。 | |
(Mou hiru-gohan o tabemashita ka? ......Iie, mada desu) | |
⇒ | Apakah (kamu) sudah makan siang? ......Tidak, belum |
6) |
|
Jika diperhatikan dengan seksama, sang Pembicara ingin mengajak Lawan Bicaranya untuk minum bir bersama. Namun dengan nada yang kurang yakin apakah Lawan Bicaranya mengiyakan atau tidak
Baru setelah Lawan Bicaranya menyetujui, sang Pembicara mengajaknya untuk bertemu di depan stasiun
Nah, ajakan yang pertama tentu menggunakan Pola Kalimat 「~ませんか」 (-masen ka?), untuk mengajak orang yang belum tahu akan setuju atau tidak
Untuk yang kedua, karena Lawan Bicara sudah sanggup maka tidak apa-apa kalau mengajak dengan sedikit memaksa yaitu menggunakan Pola Kalimat 「~ましょう」 (-mashou)
Dengan demikian, jawaban untuk pertanyaan ini adalah sebagai berikut :
今晩 いっしょに ビールを
飲みませんか。 ......ええ、いいですね。 じゃ、6時に 駅で 会いましょう。 ......わかりました。 |
|
(Konban issho ni biiru o nomimasen ka?) (......Ee, ii desu ne) (Ja, roku-ji ni eki de aimashou. ......Wakarimashita) |
|
⇒ |
Bagaimana kalau malam ini (kita) minum bersama? ......Ya, bagus tuh Kalau begitu, ayo bertemu di stasiun jam 6. ......Dimengerti |
5. | 例: |
|
Untuk menjawab kepemilikan suatu Kata Benda, Partikel の (no) adalah hal yang esensial. Dari hal ini saja bisa dipahami bahwa pilihan b bukanlah hal yang tepat
Untuk menyatakan bahwa pernyataan Lawan Bicara salah, bisa juga dengan menggunakan Kata Kerja 「違います」 (chigaimasu). Hal ini menandakan bahwa pernyataan bahwa "payung ini milik Tawapon" adalah salah
Nah, di nomor 5 ini kita dimintai untuk memilik mana pilihan yang paling tepat untuk menjadikan kalimat yang pantas
1) |
|
Jika menilik dari jawaban Tawapon, dapat dipahami bahwa CD yang dimaksud bukanlah miliknya. Hal ini tersurat dari balasan いいえ (iie) yang berarti 「tidak」
Lalu, jawaban yang pas apa? Jika dipikir kembali, pilihan a menunjukkan bahwa Tawapon meminjamkan CD tersebut pada temannya. Berati CD itu adalah miliknya. Tentu hal ini tidak sesuai dengan pernyataan Tawapon sebelumnya
Kalau pilihan b, secara tidak langsung Tawapon menyatakan bahwa CD tersebut bukanlah miliknya melainkan milik temannya. Sehingga jawaban yang tepat adalah ⓑ
2) |
|
Lagi, di nomor 2 ini kita diminta untuk berpikir, mana yang tepat, Kata Kerja yang bersifat Memberi atau yang bersifat Menerima
Berdasarkan ucapan Tawapon, dasi itu sedang dipakai olehnya. Otomatis, Kata Kerja yang bersifat Memberi yaitu 「あげました」 (agemashita) tidaklah pas, karena pasti tidak berada di tangan Tawapon
Oleh karena itu, jawaban yang paling pas adalah ⓑ
3) |
|
Kunci untuk menjawab soal ini terletak pada 1 kata, yaitu 「先生」 (sensei) yang berarti 「guru」. Tentu saja, tugas seorang guru adalah mengajari
4) |
|
PR, atau 「宿題」 (shukudai) dalam Bahasa Jepang adalah salah satu Kata Kerja golongan 3. Artinya Kata Benda ini bisa menjadi Kata Kerja ketika berhubungan dengan します (shimasu)
Terlebih, PR bukanlah melulu tentang menulis. Adakalanya PR berupa hal yang lain, sehingga Kata Kerja 「書きます」 (kakimasu) kurang cocok
Dengan demikian jelas sudah bahwa jawabannya adalah ⓐ
Materi みんなの日本語 selengkapnya bisa dilihat di Daftar Isi
Demikian adalah penjelasan mengenai materi Evaluasi B yang terdapat di buku みんなの日本語. Evaluasi B ini merujuk pada materi-materi yang telah dipelajari dari Bab 4 sampai Bab 7
Oh ya, jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran untuk blog Coretan Eragon ini ya. Dengan adanya kritik dan saran dari kalian, saya berharap blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi kedepannya. Terima kasih dan sampai jumpa di lain postingan ya
Selamat siang...
BalasHapusAdakah file pdf nya untuk imm japan tekisuto sensei?
Kalau ada boleh kah saya meminta? Terima kasih.
Ya selamat siang
HapusUntuk file pdf IM JAPAN sayangnya saya sendiri juga belum menemukannya. Saya sendiri menggunakan buku dari LPK, dan sejauh yang saya cari juga belum ada yg punya file pdf.nya
Rencana saya pengen bikin file pdf.nya, hanya saja saat ini saya sedang banyak urusan di RL sehingga sementara postingan blog ini libur dulu
- Eragon