IM JAPAN 日本語テキストⅠ Bab 20 : Percakapan (会話)
Yahalo!
Kembali lagi bersama saya Eragon di blog Coretan Eragon ini ya. Sebelumnya saya telah membahas beberapa materi di Bab 20 buku IM JAPAN 日本語テキストⅠ, antara lain Kata Kerja Kinshi-kei dan Meirei-kei, Perintah & Larangan, serta Kosakata
Nah, kali ini saya akan membahas seri pembahasan selanjutnya, yakni Percakapan (会話). Materi ini adalah penerapan dari Pola Kalimat dan Kosakata yang telah dijelaskan sebelumnya, jadi perhatikan ya
会話1
アグス | : | おはようございます。 |
班長 | : | おはよう。今日は鉄片に穴を開けるよ。 まず、作業服の点検をしろ! |
アグス | : | はい。ゴム手袋、よし。安全靴、よし。 |
班長 | : | アグス、防塵マスクは?マスクを忘れるな。 |
アグス | : | はい、すみません。防塵マスク、よし。終わりました。 問題ありません。 |
班長 | : | 次、機械の点検をしろ。 |
アグス | : | はい。ドリル、よし。留め金、よし。オイルよし。 終わりました。問題ありません。 |
班長 | : | じゃあ、今日の作業手順の確認をする。 今日は、鉄片100枚に穴を開けろ。 全部10センチ間隔で、穴を開けろ。間違えるな。 |
アグス | : | はい、分かりました。機械のスイッチを入れてもいいですか。 |
班長 | : | よし。機械のスイッチを入れろ。 |
会話2
班長 | : | 5時になったよ。掃除を始めろ。鉄くずちゃんと掃け。 不良品は、不良品置き場に置け。 |
アグス | : | はい。 終わりました。班長さん、ドリルの歯が、もうだめです。 取り替えてもいいですか。 |
班長 | : | それは山田がする。アグスはするな。 明日の材料の準備をしろ。 |
アグス | : | はい。 ..材料の準備が、終わりました。お疲れ様でした。 |
Pembahasan
会話1
アグス | : |
|
Ungkapan 「おはようございます」 biasa digunakan untuk menyapa orang lain pada pagi hari, atau pada pertama kali mereka bertemu pada hari itu. Dalam hal ini, ungkapan yang digunakan oleh Agus lebih merujuk pada salam yang digunakan saat pertama kali bertemu pada hari itu
班長 | : |
|
Membalas salam dari Agus, sang ketua regu menjawabnya juga namun dengan 「おはよう」 saja. Artinya sama, hanya saja penggunaannya bersifat informal. Ini boleh digunakan oleh orang yang kedudukannya lebih tinggi kepada orang yang kedudukannya lebih rendah
Secara tidak langsung pula hal ini memberitahukan kepada kita bahwa kedudukan ketua regu ada diatas Agus
Di kalimat kedua, sang ketua regu memberikan arahan kepada anak buahnya. Menggunakan Kata Kerja Jisho-kei dari 「開けます」 yakni 「開ける」, menjadikannya arahan pekerjaan yang akan dilaksanakan hari itu
Namun, di kalimat ketiga dijelaskan bahwa sang ketua regu memerintahkan untuk membuka lubang di plat besi. Hal ini terkandung dalam Pola Kalimat Perintah 「〈動詞・命令形〉」
Pola Kalimat itu sendiri memiliki maksud untuk memerintahkan Lawan Bicara agar melakukan sesuatu, namun dengan nada menyuruh sehingga tidak bisa digunakan sembarangan. Pola Kalimat ini bisa digunakan oleh orang yang kedudukannya tinggi kepada orang yang kedudukannya lebih rendah
Dengan kata lain, Lawan Bicara sang ketua regu disini adalah orang yang secara kedudukan lebih rendah darinya, atau bisa jadi bawahannya
アグス | : |
|
Menerima perintah dari ketua regunya, Agus memulai inspeksinya. Menurut situs Kotobank, Kata Kerja 「点検する」 sendiri memiliki arti 「一つ一つをくわしく調べること。細かく検査すること」, yang artinya adalah 「mengecek satu persatu secara detail」
Dengan demikian, Agus mengecek perlengkapan yang digunakan dalam pekerjaannya hari itu, antara lain sarung tangan karet dan sepatu safety
Adapun よし sendiri maksudnya adalah "oke", berarti tidak ada masalah
班長 | : |
|
Sebagai respons dari inspeksi Agus atas peralatan yang digunakan, sang ketua regu mengingatkan Agus. Hal ini tersurat dari ucapan sang ketua regu yang menanyakan tentang masker anti-debu. Secara tidak langsung ketua regu mengingatkan bahwa Agus lupa menginspeksi masker anti-debunya
Masker anti-debu Sumber : nrefernwu |
Kemudian baru di kalimat selanjutnya ketua regu melarang Agus untuk melupakan maskernya. Hal ini tersurat dari ucapan sang ketua regu yang menggunakan Pola Kalimat Larangan 「〈動詞・辞書形〉な」
Jadi, dikarenakan Agus melupakan inspeksi masker anti-debunya, sang ketua regu memarahinya, dan menyuruhnya untuk jangan lupa untuk menginspeksi maskernya juga
アグス | : |
|
Mendengar teguran dari ketua regunya, Agus meminta maaf. Selanjutnya, Agus menginspeksi masker anti-debunya, sebagai respons dari teguran ketua regunya karena lupa menginspeksi maskernya
Setelah semuanya selesai diinspeksi, baru kemudian Agus melaporkan inspeksinya selesai, yang ditandai dengan kalimat 「終わりました」
Kalimat selanjutnya adalah ringkasan dari inspeksi yang telah dia lakukan. Dari 3 alat yang telah Agus inspeksi, semuanya dalam kondisi baik, sehingga Agus melaporkan bahwa tidak ada masalah
班長 | : |
|
Kembali menggunakan Pola Kalimat Perintah, sang ketua regu memerintahkan bawahannya (dalam hal ini adalah Agus) untuk menginspeksi mesin yang akan digunakan
Inspeksi ini dilakukan untuk mencegah hal buruk yang mungkin akan terjadi. Dengan mengecek mesinnya sebelum penggunaan, diharapkan pekerjaan selanjutnya bisa lancar tanpa ada masalah
アグス | : |
|
Menuruti perintah dari ketua regunya, Agus memulai inspeksi mesinnya. Disana terlihat bahwa Agus mengecek 3 komponen mesin, yakni bor, jepit besi, dan olinya. Dari sini kita setidaknya bisa tahu bahwa pekerjaan yang akan dilakukan berhubungan dengan pengeboran
Adapun hasil inspeksi Agus adalah, bahwa ketiga komponen tersebut dalam kondisi baik, dan tidak ada masalah sama sekali
班長 | : |
|
Setelah selesai menginspeksi mesinnya, sang ketua regu memberikan arahan lagi mengenai pekerjaan yang akan dilakukan pada hari itu. Sang ketua regu memastikan urutan pekerjaannya
Di kalimat kedua, sang ketua regu menyuruh anak buahnya untuk membuat lubang pada 100 lembar plat besi. Terlihat dari Pola Kalimat Perintah yakni 「〈動詞・命令形〉」 yang bermakna menyuruh Lawan Bicara untuk melakukan sesuatu
Selain itu, di kalimat ketiga juga sang ketua regu memberikan arahan lagi terkait pekerjaannya, yakni dengan jarak 10 sentimeter
Jadi, disamping sang pekerja membuat lubang juga diperintahkan untuk tidak sembarang membuat lubang, namun diberi interval/jarak 10 sentimeter antara satu lubang dengan lubang yang lain
Membuat lubang pada plat besi Sumber : Voltechno |
Di kalimat terakhir, sang ketua regu mengingatkan dengan Pola Kalimat Larangan yaitu 「〈動詞・辞書形〉な」 untuk melarang para bawahannya agar tidak salah. Secara tidak langsung ketua regu berharap tidak ada yang salah dalam mengerjakan tugas hari itu
アグス | : |
|
Menjawab arahan dari ketua regunya, Agus memberikan jawaban afirmatif berupa はい、分かりました. Selanjutnya, Agus menanyakan kepada ketua regunya, minta izin untuk menghidupkan mesinnya
Hal ini terlihat dari Agus yang menggunakan Pola Kalimat Izin yaitu 「〈動詞・て形〉もいいですか」, yang mana digunakan untuk meminta izin kepada orang lain untuk melakukan sesuatu
班長 | : |
|
Menjawab pertanyaan dari Agus seputar izin menghidupkan mesin, sang ketua regu membalasnya dengan ya. Dilanjut dengan perintah, sang ketua regu memerintahkan bawahannya (dalam hal ini adalah Agus) untuk menghidupkan mesinnya dan memulai pekerjaannya
Berdasarkan penjelasan-penjelasan diatas, maka dari Percakapan tersebut kita bisa mengambil kisah berupa :
「Agus mulai bekerja pada hari itu, namun sebelum mulai bekerja, sang ketua regu memerintahkan Agus untuk mengecek pakaian kerjanya. Sarung tangan karet dan sepatu safety sudah oke, namun Agus lupa dengan masker anti-debunya sehingga ditegur oleh ketua regunya agar jangan sampai lupa
Kemudian ketua regu menyuruh Agus untuk menginspeksi mesinnya. Agus mengeceknya, dan ternyata mesinnya sudah siap dan tidak ada masalah
Sang ketua regu memastikan urutan pekerjaan pada hari itu, yakni membuat lubang pada 100 lembar plat besi dengan jarak 10 sentimeter. Lalu sang ketua regu menyuruh Agus untuk menyalakan mesinnya」
会話2
班長 | : |
|
Perhatikan ucapan dari sang ketua regu. Seluruhnya menggunakan Kata Kerja Futsuu-kei, atau Kata Kerja Bentuk Dasar. Hal ini menunjukkan posisinya, bahwa Lawan Bicaranya memiliki kedudukan lebih rendah dibanding dirinya
Di kalimat kedua, sang ketua regu menyuruh Lawan Bicaranya untuk memulai bersih-bersihnya, terlihat dari Pola Kalimat Perintah yang digunakan yaitu 「〈動詞・命令形〉」
Begitu pula dengan kalimat ketiga, sang ketua regu kembali menggunakan Pola Kalimat Perintah untuk memerintahkan Lawan Bicaranya, namun dengan perintah yang lain
Selain itu, di kalimat terakhir juga disebutkan Perintah dari ketua regu. Dengan demikian, bisa kita ketahui bahwa sang ketua regu memberikan 3 perintah, yakni bersih-bersih, menyapu serpihan besinya, dan meletakkan barang cacat ke tempatnya
アグス | : |
|
Setelah mendengarkan perintah dari ketua regu, Agus memberikan respons affirmatif, yang ditandai dengan はい
Selanjutnya, Agus juga mengucapkan 終わしました yang artinya "selesai". Dari sini bisa kita pahami bahwa Agus selesai mengerjakan 3 perintah dari ketua regunya
Kemudian Agus melaporkan kepada ketua regunya bahwa mata bornya tidak layak lagi. Kata 「だめ」 ini memiliki arti 「jangan, tidak boleh」, yang maksudnya adalah tidak layak lagi
Oleh karena itu, Agus bertanya kepada ketua regunya dengan meminta izin, sebagaimana terlihat dari Pola Kalimat Izin 「〈動詞・て形〉もいいですか」
班長 | : |
|
Mendengarkan permintaan izin dari Agus, ternyata ketua regunya berkata lain. Hal ini terlihat dari ucapan pertama yang secara tidak langsung melarang Agus untuk mengganti mata bornya. Selain itu, dengan Pola Kalimat Larangan di kalimat selanjutnya, mencegah Agus untuk mengganti mata bornya
Lalu sang ketua regu memberikan perintah lagi kepada Agus, yang mana isinya adalah supaya Agus menyiapkan material untuk besok
アグス | : |
|
Mendengarkan perintah dari ketua regunya, Agus mengiyakannya. Beberapa selang kemudian, Agus melaporkan bahwa persiapan materialnya telah selesai. Hal ini ditandai dengan Kata Kerja 「終わる」 dalam bentuk Lampau
Terakhir, Agus mengucapkan salam kepada Lawan Bicaranya, yakni 「お疲れ様でした」. Ungkapan tersebut biasa digunakan ketika telah selesai bekerja dan hendak pulang. Secara tidak langsung kita tahu bahwa pekerjaan Agus telah selesai dan dia hendak pulang ke rumah
Berdasarkan ulasan-ulasan diatas, maka dari Percakapan tersebut kita bisa meraih kesimpulan bahwa :
「Sudah jam 5, waktunya selesai bekerja. Ketua regu mengingatkan untuk merapikan kembali tempatnya. Beliau memerintahkan untuk menyapiu serpihan besi yang berserakan. Beliau juga memerintahkan agar barang cacat diletakkan di tempat barang cacat
Agus memberitahu ketua regunya bahwa mata bornya sudah tidak layak lagi. Dia minta izin untuk menggantinya, namun dilarang oleh ketua regunya. Ketua regunya ingin Yamada yang menggantinya. Adapun Agus diperintah untuk menyiapkan material untuk besok」
Materi IM JAPAN 日本語テキスト selengkapnya bisa dilihat di Daftar Isi
Demikian adalah penjelasan mengenai materi Percakapan (会話) yang terdapat di buku IM JAPAN 日本語テキストⅠ Bab 20. Tentunya, dengan berbekal Kosakata dan Pola Kalimat yang telah saya bahas sebelumnya, memahami materi ini tidaklah begitu sulit
Oh ya, jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran untuk blog Coretan Eragon ini ya. Dengan adanya kritik dan saran dari kalian, saya berharap blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi kedepannya. Terima kasih dan sampai jumpa lagi di lain postingan ya
Komentar
Posting Komentar