みんなの日本語 Bab 17 : Membaca dan Memahami (どっかい)

Yahalo!

Kembali lagi bersama saya Eragon di blog Coretan Eragon ini ya. Sebelumnya saya telah membuat pembahasan mengenai materi yang ada di buku みんなの日本語にほんご Bab 17, antara lain Kata Kerja Nai-kei, Keharusan, Kosakata, dan Percakapan (会話かいわ)

Nah, kali ini saya akan menerangkan seri materi terakhir di Bab 17 ini yakni Membaca dan Memahami (どっかい). Materi ini juga salah satu bentuk penerapan Pola Kalimat dan Kosakata yang telah kita pahami bersama namun dalam bentuk teks bacaan, jadi perhatikan ya

日本語にほんご試験しけん

12がつ 9日ここのか月曜日げつようび午前ごぜん9:00 ~ 12:00

1. 40ぷんまでに 教室きょうしつはいって ください。
2. つくえ番号ばんごうて、 あなたの 番号ばんごうところすわって ください。
3. 鉛筆えんぴつしゴムだけ つくえうえいて ください。
4. 問題もんだい」は 全部ぜんぶで 9まい あります。 いちばん うえかみに あなたの 番号ばんごう名前なまえいて ください。
5. こたえは 鉛筆えんぴついて ください。 ボールペンは 使つかわないで ください。


1) (   ) 840ぷんまでに 教室きょうしつなければ なりません。
2) (   ) つくえ番号ばんごう確認かくにんしてから、すわります。
3) (   ) つくえうえに かばんを いても いいです。
4) (   ) 「問題もんだい」の かみに あなたの 番号ばんごうかなくても いいです。
5) (   ) こたえは 鉛筆えんぴつかなければ なりません。

Pembahasan

日本語にほんご試験しけん
(Nihon-go no shiken)
Ujian Bahasa Jepang

Judul teks bacaan kali ini adalah mengenai ujian Bahasa Jepang. Hal ini diperoleh dari penggunaan Partikel の (no) yang memiliki arti menerangkan Kata Benda 2 dengan menggunakan Kata Benda 1

Dengan kata utamanya adalah ujian, dan dijelaskan ujian yang seperti apa dengan Kata Benda 1 menghasilkan frase baru "ujian Bahasa Jepang"


12がつ 9日ここのか月曜日げつようび午前ごぜん9:00 ~ 12:00
(Juu ni-gatsu kokono-ka (getsu-youbi) go-zen ku-ji kara juu ni-ji made)
9 Desember (Senin) pagi dari jam 09.00 sampai jam 12.00

Wow, kalimat pertama ini penuh dengan Keterangan Waktu ya. Mulai dari tanggal, bulan, hari, bahkan jamnya, semua tertera disini. Namun, hanya jam saja tidak begitu akurat, karena orang Jepang menggunakan sistem 12 jam

Oleh karena itu, kata 「午前ごぜん」 (go-zen) inilah yang menentukan acaranya pagi (AM), bukan malam (PM)

1.
40ぷんまでに 教室きょうしつはいって ください。
(Hachi-ji yon jup-pun made ni kyoushitsu ni haitte kudasai)
Tolong masuk ke kelas pada jam 08.40

Terlihat dari Pola Kalimat yang digunakan, kita bisa tahu bahwa ini adalah permintaan/perintah kepada seluruh peserta tes

Adapun Pola Kalimat 「~まで」 (~ made) disini merujuk pada batas akhir dari sesuatu. Dengan demikian, bisa dipahami bahwa batas akhir waktu peserta boleh masuk ke ruang kelas adalah pada jam 08.40

Secara tidak langsung ini juga berarti bahwa, jika ada peserta yang datang melebihi waktu tersebut, maka orang tersebut tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam ruang kelas

2.
つくえ番号ばんごうて、 あなたの 番号ばんごうところすわって ください。
(Tsukue no ban'gou o mite, anata no ban'gou no tokoro ni suwatte kudasai)
Tolong lihat nomor mejanya, lalu duduklah di tempat nomormu

Masih sama dengan kalimat di atas, kalimat ini juga menggunakan Pola Kalimat Permintaan. Namun, kalimat ini juga menerapkan Pola Kalimat Kegiatan Berurutan, yang ditandai dengan 「〈動詞どうし・てけい〉~」 (〈Kata Kerja Te-kei〉 ~)

Dengan begitu, dapat kita ambil kesimpulan bahwa permintaan/perintahnya tidak hanya 1 perintah saja, namun beberapa perintah yang dikerjakan secara berurutan

Permintaan pertama adalah, supaya melihat nomor mejanya. Selanjutnya, kalau sudah melihat nomor mejanya, baru menduduki tempat sesuai dengan nomor peserta. Jadi, tidak duduk di sembarang tempat, namun harus mengkonfirmasi dulu dimana seharusnya dia duduk

3.
鉛筆えんぴつしゴムだけ つくえうえいて ください。
(Enpitsu to keshi-gomu dake tsukue no ue ni oite kudasai)
Tolong hanya taruh pensil dan penghapus di atas meja

Masih menggunakan Pola Kalimat Permintaan yang ditandai dengan 「〈動詞どうし・てけい〉ください」 (〈Kata Kerja Te-kei〉 kudasai), terlihat bahwa kalimat nomor 3 ini juga berupa permintaan yang bernuansa perintah

Perhatikan Partikel だけ (dake). Partikel tersebut digunakan untuk batas, dan memiliki nuansa bahwa tidak ada hal lain selain yang disebutkan

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, hanya pensil dan penghapus saja yang boleh diletakkan diatas meja. Selain kedua benda tersebut berarti tidak diperkenankan untuk diletakkan di atas meja

4.
問題もんだい」は 全部ぜんぶで 9まい あります。 いちばん うえかみに あなたの 番号ばんごう名前なまえいて ください。
("Mondai" wa zenbu de kyuu-mai arimasu. Ichiban ue no kami ni anata no ban'gou to namae o kaite kudasai)
"Pertanyaan" semuanya ada 9 lembar. Tolong tulis nama dan nomormu di kertas paling atas
Contoh soal JLPT N5 Choukai
Sumber : Liveworksheets

Kalimat pertama menggunakan Pola Kalimat Keberadaan, yang mana ditandai dengan penggunaan 「~があります」 (~ ga arimasu). Pola Kalimat ini digunakan untuk menyatakan keberadaan suatu benda mati

Selain itu kalimat pertama juga menggunakan Kata Bilangan untuk benda tipis, yakni ~まい (~ mai). Jika kita hubungkan dengan judul diatas yakni Ujian Bahasa Jepang, maka "pertanyaan" yang dimaksud disini sudah barang tentu berupa kertas

Baru di kalimat kedua menggunakan Pola Kalimat Permintaan. Terlihat dari Partikel と (to) yang digunakan, maka bisa kita pastikan bahwa sang peserta diminta untuk menulis 2 hal saja, yakni nama dan nomornya

Mengapa begitu? Partikel と (to) dan Partikel や (ya) sama-sama memiliki arti "dan". Namun kesannya sangatlah berbeda. Partikel と (to) digunakan untuk menyebutkan beberapa hal sekaligus, dan memiliki kesan bahwa tiada hal lain selain yang disebutkan

Sedangkan Partikel や (ya) selain digunakan untuk menyebutkan beberapa hal sekaligus, juga memiliki nuansa bahwa masih ada hal lain selain yang disebutkan, namun memang sengaja tidak disebutkan

Jadi, andaikata di kalimat tersebut menggunakan Partikel や (ya) dan bukan と (to), maka kesannya adalah, sang peserta supaya menulis nama, nomor, dan yang lain-lain

5.
こたえは 鉛筆えんぴついて ください。 ボールペンは 使つかわないで ください。
(Kotae wa enpitsu de kaite kudasai. Boorupen wa tsukawa-nai de kudasai)
Tolong tulis jawabannya dengan pensil. Tolong jangan menggunakan bolpen

Kalimat pertama menggunakan Pola Kalimat Permintaan, yang ditandai dengan 〈動詞どうし・てけい〉ください (〈Kata Kerja Te-kei〉 kudasai)

Sedangkan kalimat kedua menggunakan Pola Kalimat kebalikannya yakni Pola Kalimat Larangan, yang ditandai dengan 〈動詞どうし・てけい〉でください (〈Kata Kerja Nai-kei〉 de kudasai)

Di kalimat pertama kita bisa memahami bahwa sang peserta diminta untuk menulis jawabannya dengan pensil. Dan ditegaskan kembali di kalimat selanjutnya, bahwa sang peserta dilarang menggunakan bolpen untuk menjawabnya

Perintah ini memperkuat perintah nomor 3 yang menjelaskan bahwa hanya boleh ada pensil dan penghapus saja yang ada di atas meja. Dengan perintah nomor 5 ini tentu saja memberitahu kita bahwa sang peserta tidak diperkenankan menaruh bolpen diatas meja dan menggunakan bolpen

Berdasarkan uraian-uraian diatas, kita bisa mengambil kesimpulan berupa :

「Peraturan untuk JLPT N5 pada hari Senin, 9 Desember jam 09.00 - 12.00

1. Sudah hadir di kelas pada pukul 08.40
2. Cek nomor yang tertera di meja, dan duduklah di meja sesuai nomornya
3. Hanya pensil dan penghapus yang boleh ada di atas meja
4. Pertanyaannya ada 9 lembar, dan peserta supaya menulis nama dan nomornya di lembar pertama
5. Menulis jawabannya dengan pensil, bukan dengan bolpen」


Pertanyaan

1)
(   ) 840ぷんまでに 教室きょうしつなければ なりません。
(Hachi-ji yon jup-pun made ni kyoushitsu e ko-nakereba narimasen)
Harus datang ke kelas pada jam 08.40
Menilik instruksi nomor 1, dijelaskan bahwa sang peserta diminta sudah hadir di kelas pada pukul 08.40. Secara tidak langsung ini mengimplikasikan bahwa peserta tidak boleh datang lebih dari pukul 08.40
Dengan demikian, pernyataan nomor 1 ini adalah Benar, sehingga jawabannya adalah Maru (〇)
2)
(   ) つくえ番号ばんごう確認かくにんしてから、すわります。
(Tsukue no ban'gou o kakunin shite kara, suwarimasu)
Hanya setelah mengecek nomor mejanya lalu duduk
Di instruksi nomor 2 dijelaskan bahwa sang peserta diminta untuk melihat nomor di meja baru kemudian duduk di tempat duduk sesuai dengan nomornya. Bisa kita anggap bahwa sang peserta harus memeriksa dan memastikan nomornya baru duduk menyesuaikan nomornya
Jadi, pernyataan nomor 2 ini adalah Benar, maka jawabannya Maru (〇)
3)
(   ) つくえうえに かばんを いても いいです。
(Tsukue no ue ni kaban o oite mo ii desu)
Boleh meletakkan tas di atas meja
Coba perhatikan lagi di poin nomor 3. Di nomor 3 dijelaskan bahwa hanya 2 benda yang diperkenankan ada di atas meja. Ya, apa lagi kalau bukan pensil dan penghapus saja? Secara tidak langsung ini menyangkal pernyataan nomor 3
Dengan demikian, pernyataan nomor 3 ini adalah Salah, dan jawabannya adalah Batsu (✕)
4)
(   ) 「問題もんだい」の かみに あなたの 番号ばんごうかなくても いいです。
("Mondai" no kami ni anata no ban'gou wa kaka-nakute mo ii desu)
Tidak perlu menulis nomormu di kertas "soal"
Coba perhatikan kembali poin nomor 4. Disana tertera bahwa sang peserta diminta untuk menulis nama dan nomor di kertas paling atas. Berarti, tidak hanya nama saja yang ditulis, namun nomornya juga
Jadi, pernyataan nomor 4 ini adalah Salah, dan jawabannya adalah Batsu (✕)
5)
(   ) こたえは 鉛筆えんぴつかなければ なりません。
(Kotae wa enpitsu de kaka-nakereba narimasen)
Jawabannya harus ditulis dengan pensil
Perhatikan kembali peraturan nomor 5. Disana dijelaskan bahwa sang peserta diminta supaya mengisi jawabannya dengan pensil, dan tidak boleh dengan bolpen. Hal ini tentu sesuai dengan pernyataan nomor 5
Dengan demikian, jawaban nomor 5 ini adalah Maru (〇)

Materi みんなの日本語にほんご selengkapnya bisa dilihat di Daftar Isi

Demikian adalah penjelasan mengenai materi Membaca dan Memahami (どっかい) yang terdapat di buku みんなの日本語にほんご Bab 17. Memahami teks bacaan tidak sesulit itu bukan? Asalkan kita paham Pola Kalimat dan Kosakatanya, memahami teks bacaan diatas tidaklah sulit kok

Oh ya, jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran untuk blog Coretan Eragon ini ya. Dengan adanya kritik dan saran dari kalian, saya berharap blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi kedepannya. Terima kasih dan sampai jumpa di lain postingan ya

Komentar

Populer

IM JAPAN 日本語テキストI Bab 16 : Kegiatan Berurutan & Cara

IM JAPAN 日本語テキストⅠ Bab 17 : Larangan, Keharusan, dan Izin

みんなの日本語 Bab 18 : Bisa, Hobi, dan Sebelum

みんなの日本語 Bab 11 : Kata Bilangan

IM JAPAN 日本語テキストI Bab 13 : Keinginan