みんなの日本語 Extra : Evaluasi C
Yahalo!
Kembali lagi bersama saya Eragon di blog saya Coretan Eragon ya. Sebelumnya saya telah membuat penjelasan mengenai materi Evaluasi yang ada di Bab Extra buku みんなの日本語 antara lain Evaluasi A dan Evaluasi B
Nah, pembahasan kali ini adalah seri terakhir dari Evaluasi, yaitu Evaluasi C. Materi ini mengulas mengenai materi-materi yang telah diajarkan dari Bab 8 sampai Bab 12. Seperti halnya materi Evaluasi sebelumnya, akan terdapat banyak penjelasan, jadi perhatikan ya
復習C
Pembahasan
Evaluasi C
1. | 例: |
|
Di soal nomor 1 ini kita dimintai untuk mengisi tanda dalam kurung dengan Kata Tanya yang tepat sesuai dengan respon yang telah diberikan
1) |
|
Menilik kalimat diatas, sang Pembicara menanyakan tentang Kesan Miller atas belajar Bahasa Jepang. Untuk menanyakan Kesan, maka Kata Tanya yang pas adalah 「どう」 (dou)
Jadi, kalimat lengkapnya akan menjadi seperti ini :
ミラーさん、日本語の 勉強は [どう] ですか。 ......おもしろいです。 |
|
(Miraa-san, Nihon-go no benkyou wa [dou] desu ka?) (......Omoshiroi desu) |
|
⇒ |
Miller, belajar Bahasa Jepangnya [bagaimana] ? ......Menarik |
|
Yang diinginkan oleh sang Pembicara disini, dia menanyakan tentang Perbandingan antara Hiragana dan Katakana. Pembandingnya adalah Kata Sifat 「難しい」 (muzukashii), yang berarti 「sulit」
Nah, untuk melengkapi Pola Kalimat diatas, maka Kata Tanya yang pas adalah 「どちら」 (dochira). Kata Tanya ini menanyakan tentang mana diantara 2 hal yang dibandingkan tadi yang lebih Kata Sifat
Jadi, kalimat utuhnya adalah :
ひらがなと かたかなと [どちら]が 難しいですか。 ......かたかなの ほうが 難しいです。 |
|
(Hiragana to Katakana to [dochira] ga muzukashii desu ka?) (......Katakana no hou ga muzukashii desu) |
|
⇒ |
Antara Hiragana dan Katakana, [mana] yang lebih sulit? ......Katakana yang lebih sulit |
|
Di dalam kalimat diatas, terlihat bahwa si Pembicara ingin menanyakan tentang seberapa banyak Lawan Bicaranya (dalam hal ini adalah Miller) paham dengan Kanji
Berdasarkan kalimat jawabannya, maka bisa dipastikan juga bahwa Kata Tanya yang digunakan adalah 「どのぐらい」 (dono gurai). Kenapa? Karena jawabannya mengandung kata 「ぐらい」 (gurai) yang artinya 「kira-kira」
Dengan demikian, kalimat utuhnya akan menjadi seperti berikut :
漢字が [どのぐらい] わかりますか。 ......50ぐらい わかります。 |
|
(Kanji ga [dono gurai] wakarimasu ka?) (......Go-juu gurai wakarimasu) |
|
⇒ |
[Kira-kira seberapa] paham Kanji? ......Kira-kira (saya) paham 50 |
2) |
|
Berdasarkan jawaban dari Lawan Bicaranya, dapat disimpulkan bahwa sang Pembicara menanyakan tentang seperti apa kota New York itu. Kata Tanya untuk menanyakan "seperti apa" adalah 「どんな」 (donna)
Dengan demikian, kalimat lengkapnya adalah sebagai berikut :
ニューヨークは [どんな] 町ですか。 ......にぎやかな 町です。 |
|
(Nyuu Yooku wa [donna] machi desu ka?) (......Nigiyaka-na machi desu) |
|
⇒ |
New York kota yang [seperti apa] ? ......(New York) kota yang ramai |
|
Kalau kita cermati, kalimat yang dilontarkan Pembicara ini menanyakan tentang berapa jam waktu yang dibutuhkan dari New York sampai ke Osaka dengan pesawat terbang
Terlebih, disokong dengan jawaban berupa Jangka Waktu, maka dapat disimpulkan bahwa Kata Tanya yang digunakan adalah Kata Tanya untuk menanyakan Jangka Waktu, yakni 「何時間」 (nan-jikan)
Tapi tidak hanya itu, jawaban Lawan Bicara tidak hanya sebatas Jangka Waktu, namun juga diimbuhi dengan perkiraan. Hal ini tersurat dari kata 「ぐらい」 (gurai)
Dengan begitu, kalimat utuh dari percakapan diatas adalah :
ニューヨークから 大阪まで 飛行機で [何時間ぐらい] かかりますか。 ......12時間ぐらい かかります。 |
|||||||
(Nyuu Yooku kara Oosaka made hikouki de [nan-jikan gurai] kakarimasu
ka?) (......Juu ni-jikan gurai kakarimasu) |
|||||||
⇒ |
Dari New York sampai Osaka memerlukan waktu [kira-kira berapa jam]
dengan pesawat? ......Kira-kira 12 jam |
||||||
3) |
|
Yang perlu dicermati disini adalah pernyataan Lawan Bicara yaitu kata 「1人」 (hito-ri). Kata ini termasuk Kata Bilangan yang menunjukkan jumlah orang, yang mana pasangan Kata Tanyanya adalah 「何人」 (nan-nin)
Dengan demikian, kalimat utuh dari percakapan tersebut adalah :
ミラーさんは 兄弟が [何人] いますか。 ......姉が 1人 います。 |
|
(Miraa-san wa kyoudai ga [nan-nin] imasu ka?) (......Ane ga hito-ri imasu) |
|
⇒ |
Miller punya saudara [berapa orang] ? ......(Saya) punya 1 orang kakak perempuan |
|
Jawaban yang dilontarkan oleh sang Lawan Bicara mengacu pada Tempat. Dari hal ini kita bisa menyimpulkan bahwa sang Pembicara menanyakan tentang Tempat kepada Lawan Bicaranya
Kata Tanya untuk menanyakan Tempat yang paling umum adalah 「どこ」 (doko). Jadi, kalimat lengkapnya akan menjadi seperti berikut :
お姉さんは [どこ]に いますか。 ......ロンドンに います。 |
|
(Onee-san wa [doko] ni imasu ka?) (......Rondon ni imasu) |
|
⇒ |
Kakak perempuan (kamu) ada [dimana] ? ......Di London |
4) |
|
Dengan mencermati kalimat yang diucapkan oleh Lawan Bicaranya, dapat dipahami bahwa sang Pembicara menanyakan Kesan atas pesta kemarin. Hal ini tersurat dari jawaban Lawan Bicara berupa Kata Sifat
Nah, Kata Tanya yang pas untuk menanyakan tentang Kesan adalah 「どう」 (dou). Dengan begitu, kalimat utuhnya adalah sebagai berikut :
きのうの パーティーは [どう] でしたか。 ......にぎやかでした。 |
|
(Kinou non paatii wa [dou] deshita ka?) (......Nigiyaka deshita) |
|
⇒ |
[Bagaimana] dengan pesta kemarin? ......Ramai |
|
![]() |
Sushi Sumber : Live Japan |
Dari ucapannya, terlihat bahwa sang Pembicara menanyakan tentang makanan apa saja yang ada di pesta kemarin. Untuk menanyakan jenis maka Kata Tanya yang digunakan adalah どんな (donna)
Dengan demikian, jawabannya adalah :
[どんな] 料理が ありましたか。 ......すしや てんぷらが ありました。 |
|
([Donna] ryouri ga arimashita ka?) (......Sushi ya tenpura ga arimashita) |
|
⇒ |
Ada masakan [yang bagaimana] ? ......Ada sushi dan tempura |
|
Dari Pola Kalimat yang digunakan oleh sang Pembicara, terlihat bahwa dia menanyakan apa makanan yang paling enak diantara makanan yang ada di pesta kemarin. Kata Tanya yang paling cocok untuk menanyakan "apa" adalah 「何」 (nani)
Dengan begitu, kalimat lengkapnya akan menjadi seperti berikut ini :
[何]が いちばん おいしかったですか。 ......てんぷらが いちばん おいしかったです。 |
|
([Nani] ga ichiban oishi-katta desu ka?) (......Tenpura ga ichiban oishi-katta desu) |
|
⇒ |
[Apa} yang paling enak? ......Tempura yang paling enak |
5) |
|
Kunci untuk menjawab ini terletak pada Kata Bilangan 「2台」 (ni-dai). Tentu saja, untuk mendapatkan jawaban berupa Kata Bilangan ini maka Kata Tanya yang digunakan juga harus berkaitan dengannya, yaitu 「何台」 (nan-dai)
Jadi, jawabannya akan menjadi seperti berikut :
寮に テレビが [何台] ありますか。 ......2台 ありますが、 わたしは あまり 見ません。 |
|
(Ryou ni terebi ga [nan-dai] arimasu ka?) (......Ni-dai arimasu ga, watashi wa amari mimasen) |
|
⇒ |
Di asrama ada TV [berapa unit] ? ......Ada 2 unit, tapi saya tidak begitu (sering) menontonny |
|
Dengan mencermati Pola Kalimat yang dilontarkan oleh Lawan Bicaranya, terlihat bahwa dia menyebutkan alasan kenapa tidak begitu sering menonton TV. Hal ini terlihat dari penggunaan Pola Kalimat 「~から」 (~ kara)
Nah, Kata Tanya untuk menanyakan alasan adalah 「どうして」 (doushite). Dengan begitu, kalimat lengkapnya adalah :
[どうして] 見ませんか。 ......日本語が わかりませんから。 |
|
([Doushite] mimasen ka?) (......Nihon-go ga wakarimasen kara) |
|
⇒ |
[Mengapa] tidak menonton (TV) ? ......Karena (saya) tidak paham Bahasa Jepang |
2. | 例: |
|
Di nomor 2 ini kita diminta untuk mengisi tanda dalam kurung dengan Partikel yang sesuai agar menjadi kalimat yang sempurna
1) |
|
Jika hanya menilik kata yang digunakan, maka sudah bisa diartikan dengan baik. Hanya saja, terdapat 2 kekurangan berupa Partikel
Partikel yang pertama adalah Partikel に (ni) untuk menunjukkan Tempat. Lalu, untuk menyatakan Keberadaan, maka Partikel yang digunakan adalah Partikel が (ga) yang diletakkan sebelum います (imasu)
Dengan demikian, maka kalimatnya akan menjadi seperti berikut :
サントスさんの うち (に) 犬と 猫 (が) います。 | |
(Santosu-san no uchi (ni) inu to neko (ga) imasu) | |
⇒ | (Di) rumah Santos ada anjing dan kucing |
|
Partikel yang erat sekali dalam hal Keberadaan adalah Partikel が (ga). Ya, dalam hal ini sekalipun, sudah barang tentu Partikel yang kurang adalah Partikel が (ga)
Jadi, kalimat lengkapnya adalah sebagai berikut :
犬の 名前は トモです。 猫は 名前 (が) ありません。 | |
(Inu no namae wa Tomo desu. Neko wa namae (ga) arimasen) | |
⇒ | Nama anjingnya Tomo. Kucingnya tidak punya nama |
|
Pola Kalimat yang terkandung di dalamnya adalah Pola Kalimat Perbandingan. Perbandingan yang dimaksud adalah menyatakan bahwa diantara beberapa hal, 1 hal lebih Kata Sifat
Namun, dalam kalimat diatas kurang 1 Partikel. Ya, dalam menunjukkan Kata Sifat, Partikel yang digunakan juga Partikel が (ga)
Jadi, kalimatnya akan menjadi seperti ini :
テレーザちゃんは トモの ほう (が) 好きです。 | |
(Tereeza-chan wa Tomo no hou (ga) suki desu) | |
⇒ | Theresa lebih suka Tomo |
|
Sekali lagi, dalam menyatakan Kesan (termasuk paham), Partikel yang menyertai adalah Partikel が (ga). Dengan begitu, kalimat utuhnya adalah demikian :
トモは 日本語 (が) 少し わかります。 | |
(Tomo wa Nihon-go (ga) sukoshi wakarimasu) | |
⇒ | Tomo sedikit paham (dengan) Bahasa Jepang |
2) |
|
Berdasarkan kalimatnya, kita tahu bahwa ini adalah Perbandingan. Ya, menyatakan bahwa A lebih Kata Sifat daripada B
Oleh karena itu, ada 2 Partikel yang diperlukan untuk melengkapinya. Partikel より (yori) sebagai pembandingnya, dan Partikel が (ga) sebagai penunjuk Kata Sifatnya
Dengan demikian, maka didapatlah :
サントスさんは マリアさん (より) 料理 (が) 上手です。 | |
(Santosu-san wa Maria-san (yori) ryouri (ga) jouzu desu) | |
⇒ | Santos masaknya (lebih mahir) (dibandingkan) Maria |
|
Dilihat dari kalimatnya, bisa dipastikan bahwa Pola Kalimat yang digunakan adalah Pola Kalimat yang berhubungan dengan Jangka Waktu
Pola Kalimat yang seharusnya adalah 「~に ~回かい」 (Jangka Waktu ni ~-kai). Jadi, bisa disimpulkan bahwa Partikel yang hilang adalah Partikel に (ni)
Dengan demikian, kalimat utuhnya adalah :
1週間 (に) 1回 スーパーへ 行きます。 | |
(Is-shuukan (ni) ik-kai suupaa e ikimasu) | |
⇒ | Seminggu sekali pergi ke supermarket |
|
Ketika mencermati kalimatnya, apakah ada yang terbersit di pikiran kalian? Ya, Pola Kalimatnya. Pola Kalimat yang digunakan jelas-jelas Pola Kalimat Perbandingan yang menyatakan paling diantara yang lain
Akan tetapi, ada 2 Partikel yang kurang, yaitu Partikel で (de) sebagai penunjuk Kata Benda Umum, dan Partikel が (ga) sebagai penunjuk Kata Benda Khususnya
Dengan demikian, maka didapatlah kalimat berupa :
サントスさんは スーパーの 中 (で) 「ジャパン」 (が) いちばん 好きです。 | |
(Santosu-san wa suupaa no naka (de) "Japan" (ga) ichiban suki desu) | |
⇒ | Diantara (semua) supermarket, "Japan" yang paling Santos suka |
3) |
|
Sedikit menilik kedua kalimat tersebut, terlihat cukup kontras bukan? Kalimat pertama menunjukkan sesuatu yang kesannya Negatif, sedangkan di kalimat kedua menunjukkan kesan Positif. Tentu saja, Pola Kalimat yang digunakan adalah 「~が、~」 (~ ga, ~)
Lalu, di kalimat pertama terlihat bahwa Predikatnya adalah berupa Kata Sifat I. Namun, jelas kurang sempurna, karena untuk menyatakan Predikat, diperlukan Partikel は (wa)
Dengan demikian, didapatlah kalimat berupa :
サントスさんの うち (は) 小さいです (が)、 すてきな うちです。 | |
(Santosu-san no uchi (wa) chiisai desu (ga), suteki-na uchi desu) | |
⇒ | Rumah Santos kecil, (tapi) rumah yang bagus |
|
Partikel yang tepat untuk mengisi tanda kurung pertama adalah Partikel の (no). Kenapa? Karena Pola Kalimat yang digunakan berhubungan dengan Posisi, apalagi dengan adanya Adverbia 「近ちかく」 (chikaku)
Kemudian, sebagai penunjuk Tempat, maka Partikel kedua adalah Partikel に (ni). Dan yang terakhir, untuk menjelaskan "dan lain sebagainya" dari Partikel など (nado) maka diperlukan Partikel や (ya)
Jadi, kalimat lengkapnya adalah sebagai berikut :
うち (の) 近く (に) 公園 (や) 図書館などが あります。 | |
(Uchi (no) chikaku (ni) kouen (ya) toshokan nado ga arimasu) | |
⇒ | Di dekat rumah ada taman, perpustakaan, dan lain sebagainya |
|
Menilik kalimat diatas, bisa dipahami bahwa Kalimat 1 menunjukkan Sebab, dan Kalimat 2 menunjukkan Akibat. Tentu, untuk menyatakan hubungan Sebab dan Akibat, maka yang diperlukan adalah から (kara)
Dengan demikian, kalimat lengkapnya adalah sebagai berikut :
駅まで 歩いて 10分です (から)、 とても 便利です。 | |
(Eki made aruite jup-pun desu (kara), benri desu) | |
⇒ | Karena (hanya) 10 menit jalan kaki sampai stasiun, sehingga praktis |
3. |
|
Di nomor 3 ini kita dimintai untuk mengisi tanda kurung dengan Posisi yang tepat sesuai dengan gambar yang telah disediakan
|
Seperti yang telah disebutkan di nomor 2, bahwa Tomo adalah si Anjing. Jika menilik dari gambar tersebut, terlihat bahwa Tomo ada di bawah Theresa. Jadi, jawabannya adalah 下した (shita)
Kalimat lengkapnya adalah sebagai berikut :
テレーザちゃんの (下)に トモが います。 | |
(Tereeza-chan no (shita) ni Tomo ga imasu) | |
⇒ | Di (bawah) Theresa ada Tomo |
|
Menilik gambar diatas, terlihat bahwa lemari yang dimaksud ada di belakang Theresa. Jadi, jawabannya adalah 後ろ (ushiro)
Kalimat utuhnya adalah :
テレーザちゃんの (後ろ)に 棚が あります。 | |
(Tereeza-chan non (ushiro) ni tana ga arimasu) | |
⇒ | Di (belakang) Theresa ada lemari |
|
Sekali lagi menilik gambar diatas, terlihat bahwa kucing yang dimaksud berada di atas lemari. Jadi, jawaban yang pas adalah 上 (ue)
Kalimat lengkapnya akan menjadi seperti dibawah ini :
棚の (上)に 猫が います。 | |
(Tana no (ue) ni neko ga imasu) | |
⇒ | Di (atas) lemari ada kucing |
4. |
|
Di nomor 4 ini kita dimintai untuk mengisi tanda kurung dengan Kata Bilangan yang sesuai dengan gambar diatas
|
Dengan melihat gambar diatas, jelas sekali bahwa ada 2 orang pelajar di dalam ruang kelas tersebut. Kata Bilangan untuk menyebutkan 2 orang adalah 2人 (futari). Jadi, jawabannya akan menjadi :
教室に 学生が (2人) います。 | |
(Kyoushitsu ni gakusei ga (futa-ri) imasu) | |
⇒ | Di ruang kelas ada (2 orang) pelajar |
|
Coba perhatikan lagi gambar diatas dengan seksama. Kursi di gambar tersebut ada 4 bukan? 1 yang sedang diduduki pelajar yang membawa laporan, dan 3 lainnya yang sedang tidak digunakan. Untuk menyebut 4 buah dalam Bahasa Jepang adalah 4つ (yot-tsu)
Dengan demikian, jawabannya adalah :
いすが (4つ) あります。 | |
(Isu ga yot-tsu arimasu) | |
⇒ | Kursinya ada (4 buah) |
|
Kembali mencermati gambar diatas, terlihat bahwa ada 2 unit laptop yang terletak diatas meja. Laptop dan benda-benda elektronik lainnya (termasuk mesin) menggunakan akhiran ~台 (-dai) dalam penyebutan bilangannya
Oleh karena itu, jawaban untuk pertanyaan ini adalah :
パソコンが (2台) あります。 | |
(Pasokon ga (ni-dai) arimasu) | |
⇒ | Laptopnya ada (2 unit) |
|
Coba perhatikan kalender di gambar diatas. Dalam kalender tersebut terlihat gamblang bahwa dalam satu minggunya terdapat 1 hari yang dilingkari, menandakan bahwa dalam seminggu ujiannya dilaksanakan 1 kali
1 kali dalam Bahasa Jepangnya adalah 1回 (ik-kai), sehingga kalimat lengkapnya adalah seperti berikut :
1週間に (1回) 試験が あります。 | |
(Is-shuukan ni (ik-kai) shiken ga arimasu) | |
⇒ | Dalam seminggu ujiannya ada (1 kali) |
|
Terakhir, di papan di sebelah kiri kalender terdapat waktu untuk liburan musim panas. Disitu tertulis bahwa liburan musim panas dimulai tanggal 1 Juli dan berakhir pada 31 Agustus. Berarti lamanya berapa? Ya, 2 bulan
Nah, untuk menyatakan Jangka Waktu 2 bulan maka digunakanlah 2か月 (ni-ka-getsu). Jadi, jawaban akhirnya adalah seperti ini :
夏休みが (2か月) あります。 | |
(Natsu-yasumi ga (ni-ka-getsu) arimasu) | |
⇒ | Libur musim panasnya ada (2 bulan) |
5. | 例: |
|
Di nomor 5 ini kita dimintai untuk mengisikan tanda dalam kurung dengan 2 kata yang saling berlawanan sehingga pas dengan pertanyaannya
1) |
|
Berdasarkan balasannya, maka jawaban pertama yang diutarakan Lawan Bicara adalah menyangkal ucapan si Pembicara. Jika si Pembicara menanyakan tentang "senggang" maka jawabannya adalah "senggang" namun dalam bentuk Negatif
Dan pada tanda dalam kurung selanjutnya adalah Kata Sifat yang berlawanan dengan "senggang" yaitu "sibuk". Kata Sifat "sibuk" dalam Bahasa Jepang adalah 「忙しい」 (isogashii)
Dengan demikian, jawabannya akan menjadi seperti ini :
あした 暇ですか。 ......いいえ、 (暇じゃありません)。 (忙しい)です。 |
|
(Ashita hima desu ka?) (......Iie, (hima ja arimasen). (Isogashii) desu) |
|
⇒ |
Apakah besok (kamu) senggang? ......Tidak, (saya) (tidak senggang). (Saya) (sibuk) |
|
Lagi, dalam kurung pertama diisi dengan bentuk Negatif dari Kata Sifat NA 上手 (jouzu) yaitu 上手ではありません (jouzu dewa arimasen)
Nah, dalam kurung selanjutnya adalah lawan kata dari mahir, yaitu payah, yang dalam Bahasa Jepangnya adalah 下手 (heta). Dengan demikian jawabannya adalah :
歌が、上手ですか。 ......いいえ、(上手ではありません)。 (下手) です。 |
|
(Uta ga, jouzu desu ka?) (......Iie, (jouzu dewa arimasen). (Heta) desu) |
|
⇒ |
Apakah (kamu) mahir bernyanyi? ......Tidak, (saya) (tidak mahir). (Saya) (payah) |
2) |
|
Seperti diatasnya, di dalam kurung pertama diisi dengan bentuk Negatif dari Kata Sifat yang diutarakan oleh Pembicara. Dalam hal ini, bentuk Negatifnya adalah 「多くなかった」 (oo-kunakatta). Kenapa? Karena disamping bentuk Negatif juga berbentuk Lampau
Selanjutnya adalah lawan kata dari 「多かった」 (oo-katta), yaitu 「少なかった」 (suku-nakatta). Sama, juga dalam bentuk Lampau
Dengan demikian, jawabannya adalah seperti berikut :
奈良は 人が 多かったですか。 ......いいえ、(多くなかったです)。 (少なかった) です。 |
|
(Nara wa hito ga oo-katta desu ka?) (......Iie, (oo-kunakatta desu). (Sukunakatta) desu) |
|
⇒ |
Apakah (di) Nara orangnya banyak? ......Tidak, (tidak banyak). (Orangnya) (sedikit) |
|
Pada dalam kurung pertama diisi dengan bentuk Negatif. Tapi, berbeda dengan sebelumnya, kali ini yang dijadikan bentuk Negatif adalah frase 「いい天気」 (ii tenki)
Karena ini termasuk Kata Benda maka bentuk Negatifnya adalah 「いい天気ではありませんでした」 (ii tenki dewa arimasen deshita). Hal ini dikarenakan pertanyaannya menunjukkan bentuk Lampau
Umumnya, cuaca bagus di Jepang merujuk pada cuaca yang cerah. Maka dari itu, cuaca selain itu dianggap sebagai cuaca yang tidak bagus. Baik itu hujan, salju, ataupun mendung, semuanya memiliki maksud sama yaitu cuaca buruk
Jadi, jawabannya akan menjadi seperti berikut ini :
いい天気 でしたか。 ......いいえ、(いい天気ではありませんでした)。 (雨/雪/曇り) でした。 |
|
(Ii tenki deshita ka?) (......Iie, (ii tenki dewa arimasen deshita). (Ame / yuki / kumori) deshita) |
|
⇒ |
Apakah cuacanya bagus? ......Tidak, (cuacanya) (tidak bagus). (Cuacanya) (hujan / salju / mendung) |
6. | 例: |
|
Yang perlu diperhatikan disini adalah, Keterangan Waktunya. Ya, 「あした」 (ashita) bukanlah Keterangan Waktu yang menunjukkan Lampau, sehingga tidak cocok disandingkan dengan Kata Kerja bentuk Lampau
Di nomor 5 ini kita diminta untuk memilih pilihan yang paling tepat agar menjadi kalimat yang baik
1) |
|
Yang perlu menjadi perhatian khusus disini adalah, penggunaan kata yang menyatakan Keberadaan sesuai dengan benda yang disebutkan
「自動販売機」 (jidou hanbaiki) adalah sebuah benda yang mati, sehingga akan lebih pas menggunakan Kata Kerja 「あります」 (arimasu) untuk menyatakan Keberadaannya
![]() |
Vending machine Sumber : SSNP |
Jadi, jawaban untuk nomor 1 ini adalah ⓑ
2) |
|
Jika mencermati jawaban dari si Lawan Bicara, terlihat bahwa dia menggunakan Kata Sifat I bentuk Lampau, yaitu 「よかった」 (yo-katta). Kata Sifat ini adalah bentuk Lampau dari Kata Sifat 「いい」 (ii) yang artinya 「bagus」
Karena dijawab dengan bentuk Lampau, maka otomatis sang Pembicara juga menanyakan dalam bentuk Lampau juga, sehingga jawaban yang paling tepat adalah ⓑ
3) |
|
Hanya bermodalkan dari jawabannya saja, sudah terlihat bahwa jawaban yang dilontarkan oleh Lawan Bicaranya menggunakan Kata Bilangan berakhiran ~つ (-tsu). Tentu saja, Kata Tanya yang paling cocok adalah いくつ (ikutsu)
Malah, Kata Tanya いくら (ikura) tidaklah cocok, karena Kata Tanya itu digunakan untuk menanyakan harga, bukan jumlah
Jadi, jawaban untuk nomor 3 ini adalah ⓑ
4) |
|
Kunci untuk menjawab pertanyaan ini terletak pada pertanyaan si Pembicara. Si Pembicara menanyakan mana dari 2 hewan yang dia sebutkan yang lebih Lawan Bicara sukai
Oleh karena itu, tentu saja Lawan Bicaranya pasti akan menjawab dengan ucapan yang mirip dengan pertanyaan Pembicaranya, yaitu menggunakan 「どちら」 (dochira). Dengan demikian, jawaban yang pas adalah ⓐ
Materi みんなの日本語 selengkapnya bisa dilihat di Daftar Isi
Demikian adalah penjelasan mengenai materi Evaluasi C yang ada di buku みんなの日本語. Seri Evaluasi ini adalah seri terakhir yang merangkum dari Bab 8 sampai Bab 12
Oh ya, jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran untuk blog Coretan Eragon ini ya. Dengan adanya kritik dan saran dari kalian, saya berharap blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi kedepannya. Terima kasih dan sampai jumpa di lain postingan ya
Komentar
Posting Komentar